Sejarah Faji

Latar Belakang

Kegiatan arung jeram dimulai setelah Perang Dunia ke-II dimana sekelompok pencinta kegiatan adventure mencoba menelusuri sungai-sungai di Colorado. Dari hanya menggunakan perahu karet bekas PD II, kegiatan ini berkembang menjadi satu aktivitas dengan berbagai wahana seperti kayak, canoe dll.

Sejarah petualangan sungai di Indonesia dimulai sekitar awal tahun 1970-an dengan istilah olah raga arus deras (ORAD). Dipelopori oleh rekan-rekan pecinta alam dari Bandung (WANADRI) dan Jakarta (MAPALA UI), olah raga ini kemudian menjadi salah satu olah raga petualangan yang paling diminati para pecinta alam. Pada tahun 1975, WANADRI menggelar Citarum Rally I. Sekitar tahun 1975, Mapala UI mengembangkan juga olah raga ini dengan istilah arung jeram.

Saat ini kegiatan arung jeram tidak hanya dapat dinikmati segelintir kelompok pencinta alam. Sejak 1990 di berbagai daerah kegiatan ini telah berkembang menjadi satu atraksi wisata yang sangat digemari. Sejalan dengan perkembangan tersebut, kegiatan ini juga berkembang menjadi satu olah raga prestasi yang juga sangat menarik untuk digeluti dan ditonton!

Sejarah Berdirinya Faji Di Indonesia

Dengan terus berkembanganya Arung Jeram di Indonesia, para penggiatnya merasa bahwa perlu suatu wadah yang dapat membina kegiatan Arung Jeram dengan lebih terorganisir, memiliki wawasan dan tujuan yang jelas. Pada bulan Maret 1996, oleh 38 Organisasi Pecinta Alam, Klub Arung Jeram Amatir, Profesional dan Komersial, telah dibentuk Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), yang kemudian terpilih menjadi Ketua adalah Amalia Yunita, seorang yang telah lama menggeluti dunia arung jeram, anggota Aranyacala Universitas Trisakti, yang kini aktif diperusahaan Wisata Arung Jeram PT. Lintas Jeram Nusantara.

Saat ini FAJI yang dipimpin oleh Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Safzen Noerdin, telah menjadi bagian dari organisasi rafting internasional (IRF) serta terus melaksanakan upaya konsolidasi dan membentuk Pengda-pengda. Pada Oktober 2001, PB FAJI untuk pertama kalinya mengirim tim untuk berlaga di Kejuaraan Internasional yang diselenggarakan IRF. Beberapa kegiatan Kejuaraan tingkat nasional dan internasional telah digelar a.l. Kejurnas Arung Jeram Serayu 1997, Kejurnas Citarum 2001, Kejuaraan Arung Jeram Internasional Asahan Race 2000 – 2001 & 2003, Kejuaraan Terbuka Rongkong 2004, serta berbagai turnamen di tingkat daerah; Jambi, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara. Berbagai Pelatihan dan Sekolah Arung Jeram diselenggarakan untuk menambah pengetahuan dan peningkatan keselamatan ber arung jeram. Untuk publikasi FAJI telah menerbitkan Majalah Kegiatan Alam Terbuka “JELAJAH”, yang memberitakan tidak saja kegiatan Arung Jeram juga kegiatan alam terbuka lainnya.

Saat ini FAJI bekerjasama kembali dengan Korps Marinir, mempersiapkan Kejuaraan Nasional Arung Jeram Citarum 2005 yang diperkirakan akan diikuti oleh 60 Tim dari Pengda dan Instansi Militer di Indonesia, sebuah even yang akan melibatkan hampir 360 atlet.

Sturktur Organisasi

Bidang Organisasi

Bidang Organisasi Faji Jawa Barat, profesionalisme, pantang menyerah, karakter organisasi kami.

Bidang Bina Prestasi

Jabar Ngahiji Jabar Kahiji, misi kami untuk Jabar Berprestasi, berlatih dan berdoa adalah jiwa kami.

Bidang Konservasi

Terwujudnya Pengelolaan Kawasan Konservasi, Keanekaragaman Hayati Dan Ekosistemnya ...

Bidang Medis

Kesehatan adalah modal utama dalam berprestasi, kami berperan untuk mewujudkan kesehatan dan produktivitas...

Jika anda membutuhkan informasi tentang kami? Kami disini siap membantu anda!

Call: 08180-988-3949contact us