Posted on 26th May,2020 Comments 23

FAJI JABAR Juara Umum Kejurnas R6 2018

Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Barat berhasil menjadi juara Umum pada Kejuaraan Nasional Arum Jeram Ciwulan 2018 yang diselenggarakan pada 13-16 Desember 2018 di Sungai Ciwulan Tasikmalaya.

Dari 28 kategori pertandingan, FAJI Jawa Barat berhasil mendapatkan 27 medali yang terdiri dari 16 medali Emas, 7 medali Perak dan 4 Medali Perunggu.

Kontingen tuan rumah (Jawa Barat) sudah mendominasi peraihan medali sejak hari pertama. Jabar langsung mengawali Kejurnas dengan mengoleksi 4 medali emas.

Sedangkan di hari terakhir, Jabar berhasil merebut 5 medali emas dari 5 kelas yang dipertandingkan. Ke-5 kelas tersebut diantaranya, Junior R6 Women, Master R6 Men, Open R6 Men, Youth R6 Men dan Open R6 Women.

Pelatih Arung Jeram Jawa Barat, Iksan Caldera, mengaku bangga bisa membawa Jawa Barat menjadi juara umum untuk yang ke empat kalinya. Dengan demikian Jawa Barat dinilai masih menjadi pusat olahraga arung jeram di Indonesia.

"Alhamdulillah Kejurnas Arung Jeram R6 di Sungai Ciwulan Tasikmalaya sudah selesai. Dan yang paling membanggakan adalah Jawa Barat sebagai tuan rumah sukses menjadi penyelenggara sekaligus sukses sebagai juara umum. Ini mengukuhkan bahwa Jawa Barat masih menjadi pusat kekuatan olahraga arung jeram di Indonesia," kata Iksan saat dihubungi melalui telfon selular, Minggu (16/12/2018)

Menurutnya, Kejurnas tahun ini merupakan kejurnas dengan peserta terbanyak selama penyelenggaraan Kejurnas bergulir. Hal ini membuktikan bahwa pembinaan serta minat terhadap olahraga arung jeram semakin meningkat, baik sebagai Sport Adventure (olahraga petualang) maupun sebagai olahraga prestasi.

Ia berharap, setelah Kejurnas ini, ke depan seluruh daerah bisa lebih giat lagi dalam melakukan pembinaan.

"Harapannya semoga kedepannya semakin banyak kejuaraan-kejuaraan yang diselenggarakan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional agar pembinaan olah raga ini semakin baik dan terukur," tuturnya.

Sekretaris Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Barat, Iwan Ruswanto, mengaku cukup bangga dengan hasil yang diperoleh oleh Kontingen Jawa Barat di Kejurnas Arung Jeram R6/2018 yang baru saja diselesaikan. Ia pun berharap Jawa Barat bisa masuk mewakili tim WFC di Australia pada Mei 2019 mendatang.

Kembali